Senin, 16 Februari 2009

Mekanisme perlindungan hak kekayaan intelektual di Kanada termasuk Hak paten, Merek Dagang, Hak Cipta, Desain Industri dan Topografi Integrated Circuit.


Hak paten
menawarkan monopoli kepada penemu akan hasil temuan mereka untuk jangka waktu tertentu, sehingga memberikan insentif untuk riset dan pengembangan. Karena hak paten bersifat publik, mereka mendorong pembagian pengetahuan dan merupakan sumber daya yang vital untuk bisnis, periset, penemu, kaum akademisi, dan lainnya yang perlu untuk tetap mengetahui perkembangan di bidang mereka. Sebuah hak paten Kanada memberikan penemu hak untuk melarang pihak lain untuk membuat, menggunakan atau menjual penemuan itu dari sejak hari pertama hak paten disahkan sampai maksimal 20 tahun setelah permohonan hak paten dimasukkan. Sebagai gantinya, deskripsi lengkap mengenai temuan tersebut harus disediakan sehinga semua warga Kanada bisa mendapat keuntungan dari kemajuan teknologi dan pengetahuan tersebut.

Hak yang diberikan kepada hak paten Kanada tidak berlaku di negara lain. Sebaliknya, hak paten asing tidak melindungi penemuan di Kanada. Untuk memperoleh perlindungan hak paten untuk sebuah penemuan di Kanada, si penemu harus mengajukan permohonan paling lambat 12 bulan setelah mengajukannya di negara lain. Sebaliknya, permohonan untuk hak paten asing di dalam Kanada juga dimungkinkan lewat Patent Cooperation Treaty (PCT) yang diatur oleh World Intelektual Property Organization di Jenewa. Dibawah PCT, penemu bisa mengajukan permohonan hak paten ke maksimal 43 negara anggota lewat pengajuan permohonan tunggal di Kanada.


Merek Dagang adalah kata-kata, lambang, desain atau kombinasi ketiganya yang digunakan untuk membedakan produk atau layanan tertentu dari lainnya yang sejenis di pasar. Walaupun tidak diwajibkan, pendaftaran merek dagang akan melindungi kepemilikan. Merek dagang terdaftar berlaku selama 15 tahun, bisa diperpanjang untuk 15 tahun lagi, dan bisa dibatalkan bila tidak digunakan selama tiga tahun berturut-turut. Sebuah merek dagang terdaftar memberi pemiliknya hak eksklusif penggunaan di Kanada, tapi tidak berlaku di negara lain. Pendaftaran di negara lain harus dilakukan secara terpisah.


Hak Cipta berarti si pemilik adalah satu-satunya orang yang boleh menggandakan produknya atau mengizinkan orang lain untuk melakukan hal tersebut. Ini termasuk hak untuk menerbitkan, memproduksi, mereproduksi dan melakukan pekerjaan publik dan berlaku untuk semua karya artistik, musikal, drama dan literatur orisinal seperti buku, film, komposisi musik, patung, lukisan dan peta. Hak cipta juga berlaku untuk penampilan, sinyal komunikasi dan rekaman suara.

Sebuah hak cipta di Kanada berlaku selama usia si pengarang ditambah 50 tahun dan diperoleh secara otomatis sewaktu penciptaan karya asli, dengan catatan si pengarang adalah warga Kanada, penduduk Inggris, penghuni wilayah British Dominion, warga suatu negara yang menjadi anggota Berne Copyright Convention, atau warga suatu negara yang memberikan warga Kanada keuntungan status hak cipta dengan tingkat yang sama dengan warga negaranya sendiri. Pengarang asing menerima perlindungan hak cipta di Kanada sewaktu penciptaan karya mereka, mirip dengan hak warga Kanada dibawah Copyright Act.


Desain Industri berbeda dari hak paten, merek dagang atau hak cipta. Sebuah desain industri adalah suatu bentuk, pola atau ornamen orisinil yang dipasangkan pada benda hasil produksi, contohnya adalah bentuk meja, pola sebuah kain, atau hiasan pada gagang sendok. Benda tersebut haruslah diproduksi secara masal atau ditujukan untuk produksi masal. Sebuah desain industri boleh didaftarkan di Kanada bila tidak identik atau sama dengan barang lain yang sudah terdaftar. Bila suatu desain telah dikeluarkan di Kanada sebelum didaftarkan, barang tersebut harus didaftarkan di Kanada paling lambat 12 bulan setelah tanggal dikeluarkan. Pemilik terdaftar dari sebuah desain industrial mempunyai hak untuk menggunakan desain tersebut di Kanada selama lima tahun, dan bisa diperpanjang untuk lima tahun lagi. Pendaftaran di Kanada tidak memberikan perlindungan di negara lain; pengajuan harus dilakukan secara terpisah di tiap negara.


Topografi Integrated Circuit: Sebuah produk integrated circuit, atau microchip, adalah suatu perangkat hasil produksi yang terdiri dari beberapa lapisan semikonduktor, besi, insulator dan material lain. Semua lapisan-lapisan ini membentuk konfigurasi tiga dimensi atau 'topografi'. Desain orisinil dari sebuah topografi akan dilindungi bila didaftarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar